Minggu, 27 November 2022, WIB
Breaking News

Jumat, 10 Jul 2020, 18:36:33 WIB, 3994 View Admin, Kategori : Teknologi

CilkulNews - Salah satu hambatan dalam pelaksanaan keamanan siber adalah kurangnya pengetahuan tentang hal-hal apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan untuk melindungi password serta data pribadi.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga hal-hal pribadi agar tidak bocor.

1. Jangan masuk ke dalam jaringan yang tidak dilindungi seperti WiFi publik tanpa perlindungan password. Jika terpaksa harus menggunakan WiFi publik, gunakan VPN.

2. Jangan klik situs yang tidak aman. Website yang aman akan diawali dengan HTTPS dan situs yang diawali dengan HTTP tidak memiliki Secure Socket Layer (SSL)  sebagai lapisan keamanan tambahan.

3. Jangan mengunduh aplikasi yang tidak dikenal. Para pengguna Android harus lebih berhati-hati karena sistem operasi tersebut memiliki aturan yang lebih longgar ketimbang iOS milik Apple.

4. Hati-hati saat menautkan akun. Beberapa aplikasi atau website bisa digunakan jika menghubungkannya dengan akun Facebook atau akun Google. Melalui ini, aplikasi atau website tersebut bisa mengambil data seperti nama dan tanggal lahir.

5. Jangan lewatkan peningkatan sistem. Sistem operasi biasanya memberikan notifikasi apabila ada pembaruan untuk perangkat lunaknya. Pembaruan ini seringkali disertai dengan peningkatan sistem keamanan.

6. Enkripsi data di komputer atau ponsel. Beberapa perangkat menyediakan enkripsi bawaan yang bersifat opsional, lainnya harus mengaktifkan enkripsi data. Mac memiliki FileVault, dan Windows memiliki Bitlocker dengan Active Directory.

7. Password yang kuat adalah suatu kewajiban. Gunakan password yang bisa diingat tanpa menggunakan data pribadi seperti nama lengkap dan tanggal lahir. Akan lebih baik jika tidak menggunakan password yang sama untuk akun-akun lain. Pertimbangkan untuk menggunakan password manager.

8. Biasakan untuk mem-back up data. Serangan ransomware meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Jika data-data yang dimiliki terhapus karena ulah hacker, Anda bisa menghapus sistem dan menginstal ulang data-data yang sudah diback-up.

(im)

Oleh : Indah Mutia Ayudita

Sumber : Teknologi.id



Sopir Ferdy Sambo Bharada Sadam Dihukum Demosi 1 Tahun
Selasa, 13 Sep 2022, 07:59:20 WIB, Dibaca : 88 Kali
Ini Dia Kisah Berlian -Pembawa Maut- yang Dipakai Ratu Elizabeth II
Minggu, 11 Sep 2022, 20:56:47 WIB, Dibaca : 92 Kali
Kemenag Siapkan Gelaran Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun 2022
Sabtu, 04 Jun 2022, 19:46:37 WIB, Dibaca : 580 Kali

Ada 1 Komentar
  • Levi, 05 Sep 2020, 08:53:53 WIB
    Thanks to my father who shared with me about this
    weblog, this web site is genuinely amazing.
    write my papers
    https://essayhelpforall.com/
Tuliskan Komentar