Selasa, 19 Maret 2024, WIB
Breaking News

Minggu, 28 Jun 2020, 12:31:49 WIB, 1003 View Admin, Kategori : Kesehatan

CilkulNews - Pengidap asam urat rasanya perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Alasannya jelas, tedapat beberapa makanan yang justru membuat asam urat semakin menjadi-jadi. Sebut saja jeroan, daging merah, makanan laut, hingga makanan minuman manis.

Jangan murung dulu, masih banyak kok makanan lezat lainnya yang bisa dikonsumsi oleh pengidap asam urat. Bahkan, ada pula beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Penasaran? Berikut makanan untuk menurunkan asam urat.

1.  Teh Hijau

Teh hijau terbilang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. Mau bukti? Ada studi US National Library of Medicine - National Institutes of Health, mengenai khasiat teh hijau terhadap kadar asam urat tubuh.

Studi ini mengatakan teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Nah, senyawa inilah yang mampu memghambat produksi asam urat dalam tubuh. Di samping itu, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

2.  Berries dan Apel

Makanan untuk pengidap asam urat lainnya adalah berries dan apel. Janga lupa, asam urat bisa meyebabkan peradangan pada sendi hingga menimbulkan rasa nyeri. Nah, buah berries terutama stroberi dan blueberry memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi. Sifat antiinflamasi inilah yang bisa mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi.

Bagaimana dengan apel? Buah yang satu ini kaya malid acid yang baik bagi pengidap asam urat. Bila dikonsumsi secara rutin, malid acid di dalam apel dapat membantu menetralisir asam urat. Menariknya lagi, apel juga bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan ketika asam urat kambuh.

3. Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C bukan cuma menyoal sistem imun dan antioksidan saja. Ternyata vitamin C juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kok bisa?

Cara kerja vitamin C terhadap asam urat cukup simpel. Ketika vitamin C masuk ke dalam tubuh, secara alami vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih lewat urine.

Bingung memilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C? Banyak kok, mulai dari stroberi, jeruk, sirsak, jambu biji, kiwi, hingga nanas.

4.  Ikan Salmon

Selain dua makanan di atas, ikan salmon juga masuk ke dalam makanan yang bisa menurunkan asam urat. Ingat, ikat salmon bukan ikan lainnya. Sebab, beberapa ikan cenderung mengandung tinggi purin. Lain ceritanya dengan ikan salmon.

Menurut penelitian, omega-3 dalam salmon mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Menariknya lagi, jenis ikan rendah asam lemak jenuh, seperti salmon bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

5. Kacang Pinto dan Kuaci

Kacang-kacangan seperti pinto dan kuaci merupakan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan asam urat. Kacang pinto banyak mengandung asam folat yang dipercaya efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, makanan ini juga kaya akan asam folat.

Hal yang perlu digarisbawahi, kacang-kacangan yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat hanya kacang pinto dan kuaci saja. Sebab, kacang-kacangan lainnya justru dapat memicu naiknya kadar asam urat.

6.  Pilih yang Kaya Serat

Menu yang mengandung banyak serat merupakan makanan yang baik untuk pengidap asam urat. Sebab, makanan tinggi serat bisa membantu tubuh menyerap asam urat berlebih dalam aliran darah. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat, contohnya oatmeal, jamur, tomat, atau brokoli.

Sumber  : halodoc.com



Fatwa Saudi, shalat Jumat tidak wajib untuk shalat Idul Fitri
Selasa, 18 Apr 2023, 11:30:17 WIB, Dibaca : 378 Kali
Bos Apple kirim pesan bias ke WNI di iPhone
Selasa, 18 Apr 2023, 10:52:50 WIB, Dibaca : 316 Kali
Ponsel Anda dapat dilacak saat dimatikan atau dihidupkan
Jumat, 14 Apr 2023, 14:48:00 WIB, Dibaca : 315 Kali

Tuliskan Komentar