Minggu, 25 Juli 2021, WIB
Breaking News

Senin, 19 Apr 2021, 13:55:10 WIB, 190 View Admin, Kategori : Teknologi

Kamu pernah kehilangan HP? Jika pernah, kamu pasti bingung untuk mencari cara menemukan smartphone yang hilang, apalagi jika dalam keadaan mati. Lalu bagaimana cara melacak HP hilang dalam keadaan mati? Bisakah ponsel yang hilang karena terjatuh atau dicuri bisa ditemukan kembali?

Bisa dengan cara melacaknya lewat HP lain, bisa lewat GPS, bisa juga dengan menggunakan aplikasi pelacak Android bernama Find My Device. Tentunya cara-cara ini hanya akan berguna untuk HP jenis Android. Lalu, seperti apa saja cara melacak handphone hilang yang bisa dilakukan?

Smartphone dalam keadaan mati merupakan kondisi terburuk dalam cara melacak HP yang hilang. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati. Nah, kali ini CilkulNews telah merangkum berbagai cara untuk melacak smartphone hilang dalam keadaan mati maupun hidup yang bisa kamu lakukan.

Cara Melacak HP Hilang dengan Email

Email jadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang dalam keadaan mati, terutama smartphone jenis OS atau Android. Sebelumnya pastikan email yang digunakan sama dengan email yang berada pada HP yang hilang. Dari email tersebut, kita bisa melakukan pelacakan HP.

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan email ini sebenarnya merupakan salah satu fitur dari Google yang merupakan sistem operasi Android. Terdapat beberapa langkah dalam cara melacak HP hilang dengan email. Simak poin di bawah ini untuk dapat melakukan cara melacak HP hilang dengan email:

Ketik nama email yang terpasang di handphone yang hilang di halaman gmail website, disarankan menggunakan laptop untuk pencarian. Setelah itu lalu klik berikutnya.

  • Masukkan kata sandi email dan klik berikutnya.
  • Setelah berhasil masuk, pilih ikon dengan titik sembilan pada sisi atas kanan.
  • Lalu masuk pada Akun Google (Google Account) dan scroll ke bawah.
  • Kemudian pilih opsi ‘Temukan Ponsel Anda’.
  • Lalu pilih HP yang hilang yang diberikan oleh Google.
  • Lalu pilih opsi ‘Temukan’
  • Lalu kita akan dialihkan kepada Google Maps dan menunjukan keberadaan HP kita.

Untuk melakukan cara melacak HP hilang dengan email ini, kita membutuhkan perangkat yang memiliki daya baterai yang penuh. Karena cara melacak HP hilang satu ini menghabiskan banyak daya baterai.

Melacak HP dengan Google Maps

Jika cara melacak HP hilang dengan email di atas pada akhirnya akan diarahkan kepada Google Maps, maka kita bisa melakukan pencarian HP yang hilang dalam keadaan mati dengan langsung menggunakan Google Maps. Dalam Google Maps terdapat fitur-fitur yaitu My Location, Driving Direction, Business Listing dan fitur lainnya yang bisa digunakan untuk melacak HP. Berikut cara melacak Android dengan Maps:

  • Pertama buka aplikasi Google Maps.
  • Lalu pilih setting, kemudian klik ‘Bagi Lokasi’
  • Pilih waktu pelacakan, bisa satu jam atau waktu perkiraan kehilangannya.
  • Selanjutnya pilih ‘Orang’ lalu isi alamat email dan nomor HP yang terpasang pada HP yang hilang.
  • Lalu klik ‘Bagikan’ dan klik ‘Aktifkan’.
  • Tunggu selama 24 jam dan lokasi HP yang hilang akan terlihat sekaligus terlacak.

Tersedia opsi lain dalam cara melacak ponsel yang hilang dalam keadaan mati yang bisa dilakukan. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Melacak Android Hilang Menggunakan Google ADM

Google ADM atau (Android Device Manager) merupakan aplikasi gratis dan aplikasi bawaan yang disediakan oleh Google yang memiliki fungsi utama untuk mendeteksi keberadaan HP yang hilang. Syaratnya satu, asal HP tujuan selalu mengaktifkan GPS. Selain itu, pelacakan menggunakan Google ADM bisa dilakukan hanya untuk HP yang menggunakan sistem operasi Android. Berikut langkah-langkah dan cara yang bisa dilakukan:

  • Kita bisa menggunakan gadget lain atau laptop untuk login ke ADM dengan menggunakan akun Google untuk login.
  • Setelah memasukkan ID dan kata sandi gmail, klik accept
  • Lalu kita akan melihat nama smartphone yang terkoneksi dengan alamat email yang digunakan. Klik nama smartphone atau HP yang hilang.
  • Akan keluar tempat HP yang hilang berada.

Jika ADM tidak muncul, kemungkinan HP terdapat gangguan atau mati total dengan sistem yang rusak. Penggunaan cara ini memang tidak seampuh menggunakan Google Maps dalam cara melacak HP hilang.

Selain menggunakan langkah-langkah di atas, terdapat beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan untuk melacak HP dalam keadaan hidup. Mulai dari cara melacak HP hilang dengan HP lain, cara melacak HP hilang lewat WA dan cara melacak HP hilang dengan no HP, beserta dengan cara lainnya bisa bisa dilakukan. Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasannya.

Cara Melacak HP Hilang Lewat WA

Alternatif cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, atau sering disingkat WA. Melakukan cara melacak HP hilang lewat WA bisa dilakukan dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama buka aplikasi Whatsapp, lalu cari kontak atau nomor WA yang sedang dicari keberadaannya. Klik kontak yang akan dicari, dan masuk ke balon percakapan atau ruang chat.
  • Lalu klik ikon lampiran atau attach. Lalu akan muncul beberapa pilihan mulai dari dokumen, kamera, galeri, audio, lokasi dan kontak. Pilih ikon lokasi, dan bagi lokasi terkini kita.
  • Setelah menekan ‘Bagikan Lokasi Terkini’, kita akan mendapatkan kotak informasi lanjutan. Di dalam kotak tersebut akan diberi tahu bahwa penerima akan menerima lokasi yang kita bagikan. Lalu pilih opsi ‘Lanjut’.
  • Selanjutnya akan muncul kotak yang berisi opsional jangka waktu berlakunya pembagian lokasi. Pilih waktu berbagi lokasi yang paling lama yaitu 8 jam. Kemudian tekan dan pilih ‘Selanjutnya’.
  • Selanjutnya kita kembali ke ruang chatting atau balon percakapan. Selanjutnya akan muncul lokasi yang sudah kita bagikan kepada nomor HP yang sedang hilang.
  • Cara melacak HP hilang lewat WA selanjutnya adalah dengan klik lokasi yang sudah dishare. Pada kotak opsi, pilih kotak yang bertuliskan melihat lokasi terkini. Maka lokasi yang tadi dikirimkan akan muncul di HP penerima lokasi, dan secara otomatis HP penerima tahu lokasi kita. Selanjutnya tinggal klik dapatkan arah, dan masuk ke Google Maps. Google Maps selanjutnya akan mengarahkan kita untuk mendapatkan lokasi HP yang hilang berada.

Selain melakukan pencarian HP yang hilang dengan cara melacak HP hilang lewat WA, terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang merupakan nomor identitas pada setiap smartphone. Biasanya terdiri dari 15 hingga 16 digit. Nomor IMEI bisa ditemukan dalam bodi perangkat bagian dalam ponsel, setelah baterai.

Sudah dapat cek nomor IMEI, kita bisa melihat menu ‘About Device’ di pengaturan smartphone atau bisa juga dengan ketik nomor *#06#. Setelah itu biasanya nomor IMEI akan muncul pada layar. Lalu seperti apa cara melacak HP hilang dengan IMEI? Memang caranya agak ribet dan tidak semudah cara lainnya, namun cara melacak HP hilang dengan IMEI merupakan cara yang aman. Karena data privasi dan lainnya akan tetap aman dan terjaga.

Setelah mengetahui nomor IMEI, langkah selanjutnya dalan cara melacak HP hilang dengan IMEI adalah dengan menelpon call center operator seluler smartphone dan mengabarkan bahwa HP kita hilang, dan memberi tahu nomor HP dan nomor IMEI smartphone pada pihak operator. Pihak operator pun akan memberitahu keberadaan HP kita.

Namun yang harus dicatat dan diingat adalah cara satu ini bisa dilakukan jika HP kita yang hilang memiliki koneksi internet, GPS, dan HP dalam keadaan menyala disertai dengan kartu SIM yang masih ada di dalamnya. Jika HP dalam keadaan mati dan nomor SIM telah diganti, maka HP pun tidak akan bisa ditemukan. Hal ini merupakan kelemahan menggunakan IMEI.

Aplikasi untuk Melacak HP yang Hilang

Selain cara melacak HP Android yang hilang dengan nomor HP, kami juga bisa melacak Android dengan menggunakan beberapa aplikasi yang diciptakan untuk melacak HP. Berikut daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang.

1. Find My Device

Aplikasi pertama yang bisa kita gunakan untuk mencari HP yang hilang adalah Find My Device. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melacak HP android yang hilang. Selain melacak HP yang hilang, aplikasi ini juga memungkinkan kita dapat mengunci smartphone secara jarak jauh dan meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi.

Selain meminimalisir kemungkinan buruk, tujuan lainnya yaitu untuk melindungi privasi dan data penting yang ada pada HP. Seperti yang kita ketahui, saat ini HP merupakan salah satu alat penting yang menyimpan banyak hal penting. Ketika HP kita hilang, kita cukup menyalakan Find My Device di browser dan aplikasi pun akan langsung mencari di mana lokasi keberadaan HP kita yang hilang. Selama HP yang hilang tersebut memiliki koneksi internet.

2. Find My Mobile

Setelah Find My Device, aplikasi pelacak HP selanjutnya adalah Find My Mobile. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan HP Samsung. Karena perusahaan Samsung memiliki layanan pelacak dan keamanan sendiri yaitu Find My Mobile. Jadi ketika HP kita hilang kita tinggal menggunakan HP samsung lain untuk melacak HP kita yang hilang.

Caranya cukup mudah, kita harus masuk ke setting > Biometrics and security > Find My Mobile. Setelahnya, kita bisa memilih send last location untuk melihat dmn smartphone atau HP kita hilang. Kita juga bisa mengontrol HP yang hilang dari jarak jauh dengan menggunakan fitur Remote unlock yang tersedia di aplikasi ini.

3. Family Locator

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang adalah Family Locator. Sebagaimana namanya, aplikasi ini dapat melacak keberadaan keluarga atau orang-orang terdekat kita, dengan catatan setiap anggota keluarga atau orang terdekat harus sama-sama memiliki akun di aplikasi ini.

Hal yang menarik adalah, aplikasi ini tidak hanya akan memberikan lokasi keberadaan anggota keluarga secara real time namun juga bisa memberi tahu riwayat lokasi selama tujuh hari belakang dari setiap anggota keluarga. Jadi jika smartphone atau HP kita hilang, kita tinggal pinjam HP anggota keluarga terdekat kita, dan kita bisa langsung mengetahui keberadaan HP kita yang hilang tersebut.

4. Life360

Life360 merupakan aplikasi pelacak smartphone hilang selanjutnya yang bisa kita gunakan. Bahkan aplikasi ini mendapat julukan all-in-one tracking app atau aplikasi pelacak multi fungsi. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan dari Life360 yang mendukung fitur group tracking. Kita bisa membuat grup bersama dengan keluarga atau teman dekat.

Jadi, ketika ada HP yang hilang, melalui grup yang dibuat tersebut, kita langsung bisa melakukan pelacakan dan mencarinya menggunakan fitur Life360 yang bernama private map. Bukan hanya tracking, Life360 juga memiliki fitur untuk memanggil ambulan, pendeteksi kecelakan, dan fitur bermanfaat lainnya.

5. Lost Phone Tracker

Aplikasi pelacak HP selanjutnya merupakan aplikasi yang bukan hanya bisa melacak keberadaan HP namun juga bisa membagikan informasi lokasi ke pengguna android lainnya. Los Phone Tracker memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Find My Device.

Melacak HP yang hilang menggunakan Aplikasi ini juga bisa memberikan notifikasi ke perangkat yang hilang. Selain itu, terdapat juga pengontrol jarak jauh untuk melakukan penguncian HP dan juga factory reset.

6. Where’s My Droid

Aplikasi selanjutnya adalah Where’s My Droid. Aplikasi ini bisa membantu kita mencari HP yang hilang, karena memiliki fitur yang canggih dan kuat. Aplikasi ini juga bisa melacak keberadaan HP hilang menggunakan GPS. Fitur GPS nantinya akan dapat memberikan notifikasi apabila HP yang hilang dalam keadaan lowbat atau daya lemah.

Jika HP kita hilang karena dicuri, menggunakan aplikasi ini kita akan mengetahui HP kita diganti SIM Card-nya oleh si pencuri. Karena, jika HP hilang karena terjatuh, tidak mungkin ada oknum lain yang mengganti SIM Card kecuali dengan tujuan untuk mengambil alih HP. Melalui aplikasi ini hal tersebut dapat diketahui dan akan memberi notifikasi.

Sekian penjelasan mengenai cara melacak HP hilang, kita bisa menggunakan beberapa opsi cara yang telah dijelaskan di atas. Ditambah juga terdapat beberapa aplikasi yang juga dapat memberikan bantuan untuk melacak keberadaan HP kita yang hilang, entah itu terjatuh atau dicuri. Namun perlu diingat, langkah-langkah di atas tidak berlaku bagi kamu yang tengah mencari tutorial cara melacak iPhone yang hilang.

Namun ada baiknya kita tetap menjaga HP kita dengan baik, karena di era digital saat ini hampir setiap kegiatan bergantung dan menggunakan HP.

Oleh sebab itu, jaga barang elektronik seperti handphone dengan memberikan perlindungan ekstra. Ponsel yang kamu beli dengan harga jutaan sudah selayaknya mendapatkan asuransi smartphone. Selain hilang, kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada gadget kesayanganmu. Entah itu terjatuh, layar retak, lecet, maupun rusak.



Benjamin Netanyahu Resmi Lengser, Naftali Bennet Menjadi PM Baru Israel
Rabu, 16 Jun 2021, 18:31:48 WIB, Dibaca : 731 Kali
Lebih murah 2 kali dari Telkom, PLN tawarkan paket internet Rp 427.000 untuk 100 Mbps
Kamis, 03 Jun 2021, 09:33:53 WIB, Dibaca : 88 Kali
17 Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan Tubuh | Redakan Nyeri Haid Hingga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Sabtu, 08 Mei 2021, 09:45:16 WIB, Dibaca : 1934 Kali

Tuliskan Komentar