Selasa, 28 September 2021, WIB
Breaking News

Sabtu, 08 Mei 2021, 09:45:16 WIB, 3024 View Admin, Kategori : Kesehatan

Selain sebagai pewarna alami, ternyata manfaat daun suji untuk kesehatan ada beragam, lo. Salah satunya, daun berwarna hijau ini bisa atasi nyeri saat haid. Suji atau bernama latin Pleomele angustifolia merupakan tanaman perdu tegak atau pohon kecil dengan tinggi 6-8 meter. Tanaman ini memiliki cabang yang banyak dengan daun yang runcing serta bunga yang berwarna kuning hingga putih.

Daun ini dikenal sebagai salah satu pewarna hijau alami pada makanan. Tak hanya bentuknya yang mirip dengan daun pandan, fungsinya pun sama. Perbedaannya, daun suji memiliki warna dan rasa yang lebih pekat dari daun pandan.

Kandungan Nutrisi Daun Suji

Daun hijau ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal itu karena sejumlah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Warna hijau yang dihasilkan oleh daun suji merupakan hasil ekstraksi dari kandungan klorofil yang terdapat di dalamnya. 1 persen klorofil yang terkandung di dalam daun ini dapat dimanfaatkan untuk menangani berbagai masalah kesehatan. Selain itu, daun ini mengandung sejumlah zat fitokomia yang sangat berguna untuk kesehatan.

Fitokomia yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Alkaloid
  2. Flavonoid
  3. Tannin
  4. Terpenoid
  5. Saponon
  6. Polifenol
  7. Monoterpenoid
  8. Sesquiterpenoid
  9. Glikosida

Selama ini banyak orang mengira kalau manfaat daun suji sebagai pewarna alami saja. Padahal melihat sejumlah kandungan dan nutrisi yang terdapat di dalamnya, bisa dibilang daun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

17 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh

1. Daun Suji Bisa Meredakan Batuk

Daun hijau ini bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis batuk, baik batuk kering atau berdahak. Cara untuk menggunakannya pun mudah dan bisa dicoba di rumah. Rebus air suji dan minum air rebusannya tersebut. Pengobatan alami ini akan lebih efektif saat diminum pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Hal tersebut bertujuan agar khasiatnya bekerja lebih maksimal saar tubuh sedang beristirahat.

2. Manfaat Daun Suji untuk Mengobati Leukemia

Leukemia atau disebut juga kanker darah putih merupakan kanker yang menyerang sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah. Penyakit berbahaya ini ternyata juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun suji. Caranya dengan meminum air rebusannya secara rutin. Meski demikian, pengobatan medis jangan ditinggalkan ya. Daun ini dapat digunakan sebagai obat herbal tambahan. Jangan lupa konsultasikan juga pada dokter, sebelum mengonsumsinya.

3. Mengobati Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual (IMS), seperti penyakit sipilis juga dapat diobati dengan daun ini. Caranya dengan meminum 1 sampai 2 gelas air rebusannya secara rutin. Daun ini dapat membantu menghentikan gejala penyakit.

4. Daun Suji untuk Meredakan Nyeri Haid

Sebagian perempuan kerap mengalami rasa nyeri di bagian perut saat menstruasi. Daun suji dapat menjadi obat untuk meredakan rasa nyeri haid tersebut. Caranya dengan meminum air rebusannya sebanyak dua kali sehari, pada saat pagi dan malam hari menjelang tidur.

5. Manfaat Daun Suji Sebagai Penawar Racun

Daun suji juga bermanfaat sebagai penawar racun dalam tubuh. Kandungan alkaloid yang terdapat di dalam daun ini sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah keracunan makanan atau keracunan lainnya.

6. Dapat Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya, seperti strok dan penyakit jantung. Kolesterol yang tinggi sendiri dapat disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat. Kandungan zat saponin yang terdapat dalam daun suji dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

7. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit yang ringan sampai yang berbahaya seperti kanker. Untuk menangkal radikal bebas, kamu dapat mengonsumsi air rebusan daun ini. Selain sebagai penetralisir, minuman herbal ini juga dapat meningkatkan imun.

8. Menurunkan Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti diabetes. Hal tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi air seduhan dari daun suji. Ramuan ini dapat menstabilkan kadar gula di dalam darah. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa meminum air seduhan daun ini minimal dua kali dalam sehari dan diminum saat pagi dan malam hari.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti sakit perut atau sembelit, daun hijau ini dapat menjadi obat alami untuk mengatasinya.

Kandungan tanin yang terdapat di dalam daun hijau ini bermanfaat untuk melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan.

10. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi dapat terjadi oleh berbagai faktor, seperti gigi yang berubang, gigi keropos atau adanya infeksi bakteri di dalam mulut

Untuk mengobati sakit gigi, kamu bisa menggunakan air rebusannya sebagai obat kumur.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun suji. Kemudian campurkan hasil tumbukan tersebut dengan air dan menjadikannya obat kumur. Gunakan ramuan ini minimal tiga kali dalam sehari, maka sakit gigi akan segera reda. Selain sakit gigi yang mereda, ramuan ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan.

11. Mengobati Gusi yang Berdarah

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan gusi berdarah, salah satunya disposisi gigi. Hal tersebut dapat membuat gusi terasa sakit bahkan terjadi peradangan. Untuk mengatasinya, gunakan air rebusan daun suji untuk mengatasi hal ini. Cukup dengan berkumur air rebusannya, maka akan membantu menghilangkan rasa sakit dan mengobati peradangan pada gusi.

12. Meredakan Sakit Perut

Manfaat selanjutnya adalah meredakan sakit perut. Cara menggunakannya cukup dengan meminum air rebusan daun suji sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

13. Melancarkan Aliran Darah

Daun suji juga dapat membantu melancarkan aliran darah. Pasalnya, kandungan spolifenol yang terdapat di dalamnya mampu memperlebar pembuluh darah, sehingga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Jika aliran darah berjalan lancar, tubuh pun akan terasa sehat dan bugar.

14. Manfaat Daun Suji untuk Sesak Napas

Sesak napas yang disebabkan oleh penyakit paru-paru atau polusi udara juga dapat diatasi dengan konsumsi air rebusan daun suji. Daun ini dapat membantu mengatasi sesak napas dan membuatnya jadi lebih lega.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu cara agar terhindar dari berbagai penyakit. Mengonsumsi air rebusan daun suji sebanyak 1-2 kali dalam sehari dapat meningkatkan daya tahan, sehingga tubuh tidak mudah sakit.

16. Manfaat Daun Suji untuk Kecantikan

Tidak banyak orang tahu mengenai manfaat daun suji untuk kecantikan. Selain baik untuk tubuh, daun suji juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan polifenol dan flavonoid yang terdapat di dalamnya dapat memberikan kelembapan pada kulit. Selain itu, daun ini juga dapat mengntrol minyak berlebih di kulit wajah. Caranya adalah dengan menumbuk daunnya hingga halus atau bubuk. Kemudian oleskan pada wajah atau bagian kulit lainnya yang sering terpapar sinar matahari. Ramuan ini dapat mengembalikan kesehatan kulit akibat sinar matahari dan membuatnya lebih lembap.

17. Manfaat Daun Suji untuk Ambeien

Daun suji juga berkhasiat tinggi untuk pengobatan wasir atau dikenal juga dengan sebutan ambeien. Secara umum, pengobatan penyakit ini dapat dilakukan melalui cara medis seperti operasi. Selain itu, wasir juga bisa diatasi terlebih dahulu menggunakan cara alami, yakni dengan memanfaatkan daun suji. Caranya dengan menyiapkan daun suji segar sebanyak 10 helai, cuci hingga bersih. Setelah itu, iris daunnya lalu masukan ke dalam blender dan tambahkan air. Jika sudah halus, saring airnya terlebih dahulu. Tuangkan ke dalam gelas dan campurkan juga setengah sendok teh garam lalu aduk hingga merata. Minum ramuan daun ini secara rutin pada pagi dan malam hari.



Benjamin Netanyahu Resmi Lengser, Naftali Bennet Menjadi PM Baru Israel
Rabu, 16 Jun 2021, 18:31:48 WIB, Dibaca : 1090 Kali
Lebih murah 2 kali dari Telkom, PLN tawarkan paket internet Rp 427.000 untuk 100 Mbps
Kamis, 03 Jun 2021, 09:33:53 WIB, Dibaca : 369 Kali
Lowongan Kerja PT Arta Boga Cemerlang Mei 2021
Kamis, 20 Mei 2021, 17:38:58 WIB, Dibaca : 914 Kali

Tuliskan Komentar