Rabu, 21 Februari 2024, WIB
Breaking News

Selasa, 18 Apr 2023, 11:30:17 WIB, 319 View Admin, Kategori : Agama

Jakarta, CikulNews - Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan fatwa terbaru tentang pelaksanaan Idul Fitri 1444 H. Hal itu merujuk pada jatuhnya hari raya yang diputuskan pemerintah setempat pada Jumat, 21 April 2023.

Dalam akun Twitter resmi Kementerian Islam Saudi, lembaga tersebut memerintahkan para imam masjid untuk menerima fatwa yang dikeluarkan Dewan Fatwa ketika Idul Fitri dan Jumat jatuh pada hari yang sama. Salah satunya adalah bahwa shalat Jumat tidak wajib bagi mereka yang melakukan shalat Idul Fitri.

Berikut daftar lengkap aturannya, dikutip dari Twitter resminya, seperti dilansir CilkulNews, Senin (17/4/2023).

1. Barangsiapa yang ikut shalat Idul Fitri tidak diperbolehkan ikut shalat Jum'at, dan ia melaksanakan shalat Dhuha pada siang hari, dan jika ia memutuskan untuk melaksanakan shalat Jum'at, itu lebih baik.

2. Barangsiapa yang tidak ikut salat Idul Fitri tidak tercakup dalam izin ini, sehingga kewajiban salat Jumat tidak dapat dihilangkan darinya, maka ia harus mencari masjid untuk salat Jumat.

3. Imam masjid jum'at wajib melaksanakan shalat jum'at pada hari itu, maka siapa yang ingin menyaksikan dan siapa yang tidak menyaksikan Idul Fitri, jika peserta shalat jum'at banyak, jika tidak maka wajib shalat. Zuhur.

4. Barangsiapa yang menghadiri shalat Idul Fitri selain shalat Jum'at, maka ia wajib shalat dzuhur setelah dzuhur dimulai.

5. Saat ini hanya masjid-masjid tempat shalat Jumat saja yang boleh adzan, sehingga tidak perlu mengumandangkan azan pada hari itu.

6-. Pepatah bahwa barangsiapa meninggalkan shalat Idul Fitri, shalat Jumat dan shalat Dzuhur pada hari itu akan tertolak adalah suatu pernyataan yang tidak benar, maka para ulama meninggalkannya dan memutuskan mana yang batil dan aneh karena melanggar sunnah dan mengingkari kewajiban Allah tanpa bukti, dan mungkin mereka yang mengatakan itu tidak mengatakan apa itu sunnah dan apa konsekuensi yang diperbolehkan bagi mereka yang berpartisipasi dalam sholat Idul Fitri jika mereka tidak berpartisipasi pada hari Jumat. doa dan bahwa ia harus berdoa doa ini.



Fatwa Saudi, shalat Jumat tidak wajib untuk shalat Idul Fitri
Selasa, 18 Apr 2023, 11:30:17 WIB, Dibaca : 319 Kali
Bos Apple kirim pesan bias ke WNI di iPhone
Selasa, 18 Apr 2023, 10:52:50 WIB, Dibaca : 295 Kali
China Gantikan AS di Proyek Favorit Jokowi? Begitu kata Luhut
Selasa, 18 Apr 2023, 10:44:57 WIB, Dibaca : 350 Kali

Tuliskan Komentar