Minggu, 16 Juni 2024, WIB
Breaking News

Jumat, 14 Apr 2023, 14:13:10 WIB, 455 View Admin, Kategori : Kriminal

Jakarta, CilkulNews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi lepas tangan (OTT) terhadap 25 orang yang diduga membayar suap dalam pembangunan rel kereta api. Sejalan dengan itu, KPK juga menetapkan 10 orang yang ditangkap di Jakarta, Surabaya, dan Jakarta sebagai tersangka OTT. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya buka suara. Dia menyatakan keprihatinannya karena beberapa pegawai kementerian jalan terlibat dalam dugaan suap.

"Kami menyesalkan kejadian ini dan akan menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada pihak berwajib. Kami siap bekerjasama dan mendukung KPK serta pihak terkait lainnya untuk menuntaskan kasus ini," kata Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (13/4/2023). . Pihaknya menegaskan tidak akan mentolerir kegiatan yang bertentangan dengan upaya pemberantasan korupsi dan akan mengambil tindakan tegas terhadap karyawannya jika terjadi pelanggaran.

“Kami telah berupaya ikut serta dalam pemberantasan korupsi khususnya di Kementerian Jalan, terus mengingatkan masyarakat akan kejujuran dan tata kelola yang baik di semua tingkatan, serta meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan terkait,” ujarnya. Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Johanis Tanak mengungkapkan dalam keterangannya bahwa OTT kali ini terlibat dalam dugaan suap Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) dalam pembangunan dan pemeliharaan kereta api. (Kemenhub) untuk tahun anggaran 2018-2022. Salah satunya menyangkut proyek kereta api Sulawesi “Kegiatan proyek pengadaan dan pemeliharaan kereta api yang selama ini disebut-sebut pihak yang diduga menerima uang suap dari kereta api diduga lebih dari Rp 14,5 miliar,” kata Johanis dalam keterangannya, Kamis pagi (13/4/2023).

Selain proyek KA Sulawesi, ada delapan proyek lain yang juga dilaporkan menerima suap. Johanis kemudian memaparkan proyek lainnya, 1 proyek pembangunan KA ganda Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso (Jawa Tengah), 4 proyek pembangunan KA dan 2 proyek pemantauan di Lampegan Cianjur (Jawa Barat) dan 1 proyek peningkatan simpang di lokasi Jawa. - Sumatera. Johanis melanjutkan, modus operandi kasus suap pembangunan dan pemeliharaan proyek kereta api itu adalah rencana perintah para pihak kepada pemenang pelaksanaan proyek. Selain itu, diduga proses perencanaan dilakukan mulai dari prosedur administrasi hingga penetapan pemenang tender. “Diduga pembayaran yang penetapannya berdasarkan nilai yang diberikan oleh pemenang masing-masing proyek. Jumlah ini kurang lebih 5-10% dari nilai proyek,” kata Johanis. Menurut situs resmi Kementerian Perhubungan, panjang lintasan Proyek Kereta Api Sulawesi yang menghubungkan Makassar-Parepare adalah 157,7 km, dimana 142 km merupakan jalur utama dan 15,7 km merupakan jalur sekunder yang menghubungkan jalur kereta api ke Pelabuhan Garongkong dan Pelabuhan Garongkong. Semen Tonasa. . pabrik Sejauh ini, 118 km jalan telah dibangun. Panjang jalur dari stasiun Maros ke stasiun Barru adalah 90 km. Jalur siap digunakan setelah melewati 10 stasiun. Jalur ini menggunakan Kereta Diesel Elektrik (KRDE) PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA untuk 2 (dua) set jaringan, dengan kapasitas 248 orang per jaringan.

Selain proyek KA Sulawesi, ada delapan proyek lain yang juga dikabarkan menerima suap. Johanis kemudian menjelaskan proyek lainnya, satu proyek pembangunan jalan ganda Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso (Jawa Tengah), 4 proyek pembangunan rel kereta api dan 2 proyek pemantauan di Lampegan Cianjur (Jawa Barat) dan 1 proyek peningkatan persimpangan di lokasi Jawa. - Sumatera. Johanis melanjutkan, modus operandi kasus suap pembangunan dan pemeliharaan proyek kereta api adalah rencana untuk memerintahkan para pihak pemenang pelaksanaan proyek. Selain itu, proses perencanaan diduga dilakukan mulai dari prosedur administrasi hingga pemilihan pemenang tender. "Pembayaran mencurigakan ditentukan sesuai dengan nilai yang diberikan oleh pemenang masing-masing proyek. Jumlahnya sekitar 5-10% dari nilai proyek," kata Johanis. Menurut situs resmi Kementerian Perhubungan, panjang lintasan Proyek Kereta Api Sulawesi yang menghubungkan Makassar-Parepare adalah 157,7 km, dimana 142 km merupakan jalur utama dan 15,7 km merupakan jalur samping yang menghubungkan jalur kereta api ke Garongkong. Pelabuhan dan Pelabuhan Garongkong. Nada semen. . pabrik Sejauh ini, 118 km jalan telah dibangun. Panjang jalur dari stasiun Maros ke stasiun Barru adalah 90 km. Jalur siap digunakan setelah melewati 10 stasiun. Jalur ini dioperasikan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA Diesel Electric Train (KRDE) untuk 2 (dua) set jaringan dengan kapasitas 248 orang per jaringan.

 



Fatwa Saudi, shalat Jumat tidak wajib untuk shalat Idul Fitri
Selasa, 18 Apr 2023, 11:30:17 WIB, Dibaca : 805 Kali
Bos Apple kirim pesan bias ke WNI di iPhone
Selasa, 18 Apr 2023, 10:52:50 WIB, Dibaca : 438 Kali
Ponsel Anda dapat dilacak saat dimatikan atau dihidupkan
Jumat, 14 Apr 2023, 14:48:00 WIB, Dibaca : 538 Kali

Tuliskan Komentar